Kabar Bola
facebook twitter rss feed Kabar24

HASIL PIALA DUNIA U-17: Argentina ke 16 Besar, Irak Berat

M. Syahran W. Lubis Rabu, 23/10/2013 02:28 WIB
FIFA/Alex Grimm
Pemain Argentina Joaquin Ibanez menjebol gawang Austria yang dikawal Alexander Schlager pada pertandingan Piala Dunia U-17 2013 di Uni Emirat Arab. Argentina menang 3-2.

Kabar24.com, JAKARTA - Salah satu kandidat kuat juara pada turnamen Piala Dunia U-17 edisi 2013, Argentina, memastikan diri lolos ke putaran 16 besar setelah mengalahkan Austria dengan skor tipis 3-2 dalam pertandingan Grup E di Stadion Al-Rashid, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), yang berakhir pada Rabu dini hari WIB, 23 Oktober 2013.

Pada pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh Tv One itu, kemenangan Argentina diperoleh secara dramatis. Tim Tango barus bisa memastikan kemenangan hanya 2 menit menjelang laga berakhir. Bahkan, Austria memimpin pertandingan lebih dulu.

Dalam pertandingan yang dipimpin wasit Amerika Serikat Jair Marrufo itu, tiga gol Argentina dicetak oleh Joaquin Ibanez (42’), German Ferreyra (51’), dan Leonardo Suarez (88’), sedangkan gol-gol Austria dihasilkan Nikola Zivotic (31’) dan Tobias Pellegrini (79’).

Pada pertandingan lain di Grup E, salah satu wakil Asia, Iran, mempertahankan peluangnya untuk lolos ke babak berikutnya setelah bermain imbang dengan Kanada dengan skor 1-1 dalam laga yang dipimpin oleh wasit asal Brasil, Heber Lopes.

Iran bahkan lebih dulu memimpin melalui gol Amirhossein Karimi ketika pertandingan baru berjalan 7 menit. Kanada baru bisa menyamakan skor saat babak kedua berjalan 3 menit melalui Jordan Hamilton.

Hasil dua pertandingan Piala Dunia U-17 Grup E itu membuat Argentina memimpin klasemen dengan nilai 4, sedangkan Kanada dan Iran sama-sama mendulang nilai 2, tapi Kanada ada di posisi kedua karena produktivitas mencetak gol yang lebih tinggi (3-3) dibandingkan dengan Iran (2-2).

Argentina praktis telah lolos ke babak 16 besar, paling dengan status salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik dari enam grup yang ada, meskipun kalah dari Kanada dalam pertandingan terakhir. Ketiga tim lain juga masih punya peluang melaju ke fase 16 besar.

Adapun pada pertandingan di Grup F, sebagaimana dilaporkan situs resmi FIFA, Swedia berhasil menahan imbang Nigeria dengan skor 3-3. Ini terhitung hasil yang bagus bagi kedua tim, mengingat lawan masing-masing memenangi pertandingan pertama dengan skor telak.

Pada pertandingan pertama Nigeria, tim yang berjuluk Elang Afrika, menghancurkan salah satu wakil Amerika Tengah Meksiko 6-1, sedangkan Swedia mnekalukkan wakil Asia Irak dengan skor 4-1.

Dalam pertandingan yang berakhir pada Rabu dini hari WIB, 23 Oktober 2013, di Stadion Sheikh Khalifa, Al Ain, UEA, Valmir Berisha menjadi pahlawan dengan mengontribusi dua gol pada menit 11 dan 19 sehingga Swedia sempat memimpin 2-0. Gol Swedia lainnya dibuat oleh Mirza Halvadzic (65’).

Adapun gol-gol Nigeria dibuat oleh Success Isaac (22’), Musa Yahaya (48’), dan gol yang melematkan Nigeria dari kelahan oleh Taiwo Awoniyi hanya 9 menit sebelum pertandingan berakhir.

Pada pertandingan lain di Grup F, peluang Irak hampir pasti tertutup karena menelan kekahalan untuk kedua kalinya, kali ini dari Meksiko dengan skor 1-3.

Dengan dua kekalahan, langkah Irak untuk ke babak 16 sangat berat, sekalipun hanya dengan status sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik dari enam grup yang ada.

Dengan hasil dua pertandingan itu, Nigeria dan Swedia memimpin Grup F dengan nilai sama-sama 4, namun Nigeria unggul selisih gol (9-4) berbanding Swedia (7-4). (Kabar24.com)

Editor: M. Syahran W. Lubis

KOMENTAR