facebook twitter rss feed Kabar24

PIALA AFF U-19: Jelang Indonesia vs Malaysia, Negeri Jiran Cuek

Sutarno Rabu, 18/09/2013 18:32 WIB
Antara
Timnas U-19 di Piala AFF 2013 tengah berlatih

Kabar24.com, JAKARTA – Piala AFF U-19 memasuki fase menentukan. Indonsia vs Malaysia menjadi partai penentu siapa yang akan lolos ke semifinal dari Grup B.

Tim U-19 Malaysia berada di ujung tanduk untuk lolos ke semifinal. Tidak ada kata lain, tim Harimau muda harus menang dalam laga Indonesia vs Malaysia,  malam ini di laga Piala AFF U-19.

Di ajang Piala AFF U-19, Malaysia telah menjalani 4 pertandingan dengan 7 poin dan surplus gol gol 5 (memasukkan 8, kemasukan 3). Malaysia seri 1-1 melawan Myanmar, kalah 0-1 dari Vietnam, menang 2-1 dari Thailand, dan menang 5-0 atas Brunei.

Sementara itu, Indonesia mengoleksi 9 poin dengan suplus gol 7 (memasukkan 10, kemasukan 3). Indonesia menang 5-0 melawan Brunei, menang  2-1 atas Myanmar, kalah 1-2 dari Vietnam, dan menang 3-1 atas Thailand pada partai-partai sebelumnya di Piala AFF U-19.

Indonesia cukup bermain seri untuk lolos ke semi final sebagi runner up Grup B Piala AFF U-19 mendampingi Vietnam. Sementara itu Malaysia harus menang untuk mendampingi Vietnam ke semifinal.

Laga antara Timnas U-19 Indonesia melawan Malaysia akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo dengan jadwal kick off pukul 19:30 WIB dan disiarkan langsung oleh MNCTV.

Namun, komunitas sepak bola di Malaysia seperti cuek dengan nasib timnas U-19 mereka, karena media massa dan elektronik negeri jiran itu tak mengangkat topik berita soal performa Malaysia di Piala AFF U-19.

Beberapa situs terkenal di Malaysia seperti thestar.com.myutusan.com.my,themalaysianinsider.combharian.com.mycari.com.my, misalnya, sama sekali tidak menayangkan berita tersebut.

Mengguakan kata kunci AFF U-19 untuk mencari berita di lima situs utama Malaysia versi Alexa.com pun tidak menemukan berita timnas Malaysia.Komunitas sepak bola Malaysia tengah dilanda mabuk kemenangan saat Timans U-23 mereka menjuarai Piala Merdeka dengan mengalahkan timnas Myanmar 2-0 di partai final 14 September lalu.

Sementara itu, Evan Dimas dan kawan-kawan diminta pelatih Indra Sjafrie bermain dengan kedisiplinan dan fokus yang tinggi untuk melibas tim Harimau Muda pada laga Piala AFF U-19, Rabu (18/9) malam nanti.

Pelatih Indonesia U-19  Indra Sjafrie melarang pemainnya melakukan kecerobohan dan bahkan Evan Dimas dkk tak boleh membuat kesalahan sekecil apa pun.

Pada Selasa (17/9), melalui wawancara telepon, Indra Sjafrie menegaskan anak asuhnya untuk bermain dengan mengkontrol emosi dan tetap fokus memainkan strategi permainan yang sudah disusunnya.

Laga hidup-mati ini bakal digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (18/9/2013) pada pukul 19.30 WIB yang disiarkan oleh MNC TV. Skuat Garuda Muda harus berjuang keras untuk menyingkirkan tim Harimau Muda untuk bisa maju ke semifinal Piala AFF U-19.

Indra Sjafri mengaku telah memberikan instruksi kepada Evan Dimas dkk untuk menyerang sejak menit-menit awal pertandingan. Tujuan utamanya, yakni memburu gol cepat. Tak lupa, dia meminta anak asuhnya bisa mengendalikan emosi saat bertanding.

“Kami sudah melakukan persiapan cukup bagus. Kami juga sudah mempelajari permainan Malaysia yang memiliki gaya menyerang. Semangat tim lawan tentunya juga harus diwaspadai karena mereka menginginkan kemenangan guna lolos ke babak berikutnya,” kata Indra.

“Semoga, para pemain tetap mengontrol emosinya dan tak terpancing segala sesuatu yang bisa merugikan tim. Apa pun yang terjadi, ini bukan perang kedua negara. Saya berharap semuanya dapat menjujung tinggi semangat fair play, baik di tengah dan di pinggir lapangan,” katanya. (JIBI/Bisnis.com/Kabar24.com)

*PIALA AFF U-19: Jelang Indonesia vs Malaysia, Negeri Jiran Cuek

Editor: Eries Adlin

Mau dapat Mobil Daihatsu Ayla? Ikuti Bisnis Indonesia Writing Contest 2014. Klik caranya disini.

KOMENTAR