Kabar Bola
facebook twitter rss feed Kabar24

SEMIFINAL PIALA AFF U-19: Profil Timor Leste Vs Indonesia

Basilius Triharyanto Kamis, 19/09/2013 12:09 WIB
Antara
Para pemain timnas Timor Leste merayakan gol kemenangan atas Kamboja di penyisihan Piala AFF U-19 di Grup A

Kabar24.com, JAKARTA – Timor Leste mencatatkan sejarah baru di Piala AFF U-19 2013. Ini pertama kali bagi Timor Leste jadi juara grup dan masuk ke semifinal kejuaraan Piala AFF U-19. Timor Leste bertemu Indonesia di semifinal pada Jumat (20/9) disiarkan MNC TV, pukul 16.00 WIB.

Timor Leste telah mengajukan diri untuk menjadi anggota Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (Asean).

Timor Leste, waktu itu bernama Timor-Timur, sesudah perjuangan panjang selama pendudukan hampir lebih 20 tahun akhirnya meraih kemerdekaan dengan jajak pendapat pada 1999.

Asosiasi Sepak Bola Timor Leste masuk menjadi anggota asosiasi Asian Football Club (AFC) dalam kongresnya ke-20 pada 2002. Sejak menjadi anggota AFC, Timor Leste mulai aktif mengikuti pertandingan internasional.

Turnamen sepak bola internasional pertama kali diikuti oleh Timor Leste adalah kejuaraan Piala Asia pada Maret 2003. Setahun kemudian, 2004, Timor Leste ikut dalam kualifikasi Piala Dunia yang diselenggarakan di Cina. Di tahun 2004 juga, Timor Leste diundang mengikuti kejuraan regional AFF Suzuki Cup, yang sebelumnya dikenal dengan kejuaraan Piala Tiger.

Dalam kejuaraan Piala AFF U-19 2013, timnas Timor Leste mampu mengungguli lawan-lawannya di Grup A. Meski tim di Grup A boleh dibilang sebagian besar bukan tim unggulan AFF, namun prestasi Timor Leste menunjukkan kemajuan sepak bola di negara muda itu.

Bahkan, Timor Leste mampu berada di puncak Grup A di babak penyisihan. Ia meninggalkan tim negara lain seperti Laos, Filipina, Kamboja, dan Singapura.

Pertemuan Timor Leste dengan Indonesia pada Jumat (20/9) sangat istimewa.

Indonesia-Timor Leste punya ikatan emosional yang kuat. Timor Leste yang melepaskan diri dari Indonesia akan tampil unjuk kekuatan di lapangan hijau menghadapi pemain-pemain Garuda Muda.

Pemenang dari pertandingan Indonesia-Timor Leste itu akan ke final, berhadapan dengan pemenang pertandingan semifinal lainnya yakni Vietnam vs Laos. (Kabar24.com)

Editor: Basilius Triharyanto

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI.

KOMENTAR