Kabar Bola
facebook twitter rss feed Kabar24

SEMIFINAL PIALA AFF U-19: Indonesia vs Timor Leste, Ini Komentar Saudara Muda

Eries Adlin Jum'at, 20/09/2013 04:42 WIB
Antara
Timnas Timor Leste yang akan menghadapi Indonesia di semifinal Piala AFF U-19, Jumat 20 September

Kabar24.com, JAKARTA – Semifinal Piala AFF U-19 2013 mempertemukan timnas Indonesia vs Timor Leste, dua negara yang punya sejarah panjang bersama-sama. Lalu bagaimana komentar dari para pendukung timnas Saudara Muda Indonesia itu?

Cukup sulit untuk mengetahui komentar Saudara Muda tentang pertandingan semifinal Piala AFF U-19 antara Indonesia vs Timor Leste dari media online milik negara yang dulu disebut Timor Timur. Tidak banyak media online di sana, kalaupun ada biasanya menggunakan bahasa Portugal.

Timor Leste membuat kejutan setelah menjuarai Grup A dan melangkah ke semfinal Piala AFF U-19. Penampilan timnas Saudara Muda ini cukup membuat decak kagum dan komentar positif.

Sementara itu, timnas U-19 Indonesia maju ke empat besar di kejuaraan Asean Football Federation (AFF) U-19 2013 setelah menjadi runner up Grup B. Saudara Tua dan Saudara Muda pun harus bertempur pada laga yang akan disiarkan oleh MNC TV pukul 15.30, Jumat 20 September. Pertandingan semifinal Piala AFF U-19 lainnya adalah antara Vietnam dan Laos.

Meski sulit mendapatkan pemberitaan media massa di Timor Leste, beruntung Kabar24.com mendapatkan komentar langsung dari pendukung timnas Saudara Muda yang dilayangkan ke berita Kabar24.com yang di-posting di Facebook.

Mayoritas komentar nuansanya berasal dari warga negara Timor Leste, namun ada juga yang bernama Indonesia. Komentar ada yang disampaikan dalam bahasa Indonesia, tetapi ada juga dalam bahasa Portugis. Berikut ini beberapa kutipan komentear mengenai pertandingan semifinal Piala AFF U-19 antara Indonesia vs Timor Leste:

Jano B. Buti, Top Commenter, Santa Maria:

  • Indonesia dan Timor-Leste bukan saudara, kita hanya bertetangga. Timor Barat (NTT) dan Timor-Leste adalah bersaudara. Tetapi dalam timnas Indonesia mulai dari U-12 sampai Senior tidak ada satu pun pemain NTT, padahal ada banyak sekali pemain berbakat di daratan Timor-Barat dan pulau Flores. Bola Sepak NTT mungkin lebih baik dari Timor-Leste tetapi mungkin juga Bola Sepak Timor-Leste lebih baik dari Jawa. Complicated.

Tiago Sarmento, Seminário de Nossa Senhora de Fátima, Dili, Timor-Leste:

  • menang atau kalah itu tergantung keberuntungan tapi melalui event ini semoga tetap bersahabat...kata orang bijak: teman bisa dipilih tapi tetangga tidak ada tawar menawar tetap saudara....tapi pasti kemenangan ada di tangan saudaramu Timor-Leste....:):):):)

 

Reivax Ramgienaolih · STF Driyarkara

  • Sangat setuju dengan kata Pertempuran dua bersaudara Timor-Leste dan Indonesia! Marilah kita para suporter dari Timor-Leste dan Indonesia terus mendukung kedua team kita untuk menampilkan permainan yang atraktif serta menunjukkan dua kekuatan baru di Asia yang perlu diperhitungkan oleh negara-negara Asia lainnya yang dunia persepakbolaannya lebih maju dari Timor-Leste dan Indonesia.
  • Marilah sama-sama menunjukkan semangat sportifitas yang tinggi yang berdasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan tanpa adanya diskriminasi dilapangan sepak bola. Maju Timor-Leste kamu pasti bisa dan maju Indonesia kamu pasti bisa.

Reza Styannes · STP Bandung:

  • i do hope that i can watch a really good and entertaining game...

Totok Prastowo · STF Driyarkara:

  • ini baru komentar dewasa nggak ada dendam terselubung, parabenz...irmau

Aliansa Soares · UNTL DILI:

  • Merupakan kebanggan bagi kami bertanding sepakbola melawan Indonesia (Saudara tua). Salam persahabatan. ;)

Francisco Sarmento · HR/Project Development at Zora Fortuna, Lda:

  • Timor Leste Tidak akan ragu menghadapi Garuda Muda, toh Timor Leste Memenangkan pertandingan ini atau sebaliknya Indonesia, itu hanya kebetulan saja,,,tapi buat Indonesia wajar kalau memenangi Timor Leste, yaitu pertama faktor Tuan Rumah, kedua pengalaman,

Aldho Moniz da Silva · Dili:

  • Timor-Leste siap mengahadapi saudara tuanya. Forca Seleccao!

Chico M. Marques · Dili:

  • Forca equipa Timor Leste.

Arsenio C'queira Alvez · Poltekkes surakarta:

  • Forza seleccao Timor Leste.!!!

Doolverinha's Pereira · UNTL · 102 subscribers:

  • Gaya Permainan Timor Leste, sangat atraktif, dan menghibur.....gaya permainan Timnas Kami di kenal dengan SAMBA ASIA, Kalau mau di bandingkan dengan anak Indonesia Timor Barat dan NTT, sangat sangat jauh sekali, terbukti persahabatan sepak bola antar mahasiswa saja, Tim Sepak bola NTT sering takluk dengan Timor Leste. jadi Coment disi harus tahu Fakta dan Sejarah sepak Bola Timor leste......

Doolverinha's Pereira · UNTL · 102 subscribers:

  • Suatu kebangaan bagi kami, karena berhasil masuk ke babak semi Final Contra Indonesia, sungguh satu prestasi yang Luar Biasa,.... Bravo Timnas Timor Leste.....!!!

Gil Costa · Universidade Lúrio:

  • Timor Leste adalah samba Asia......hati2 kalau berhadapan dengan Timor Leste......

Nuno Dc de Jesus · Campus de Marrere,rua no 4250,km 2,3 Nampula Mocambique at Universidade Lúrio:

  • Timor Leste e redondo espírito determinação unidos para seguir em frente para chegar a Copa da Ásia deste ano, mostrar que você é o herói do samba ásia.

F Bwin Real · St. Joseph's College, Quezon City, Manila Philippines at Cabinet Prime Minister, Timor Leste Rua: Presidente Nicolau Lobato:

pertandingan Bumi Buaya vs Garuda itu biasa bagi kami normal saja dan itu bukan pertandingan pertama kali bagi timor leste perlu indonesia ketahui bahwa U14 timor leste baru-baru ini jadi juara 1 di mata eropa dengan mengalahkan U14 Espanhol di semi final dengan skor 1-0 dan timor leste masuk dalam Final menghadapi Sporting portugal...timor leste mengalahkan sporting portugal dengan skor 1-0

Valente Quintao ·  Top Commenter:

  • benar mas jano punya analisa...bakat dari indonesia timur kalau diperhatikan maka seperti orang amerika latin main

Pereira Ricardo Tilman ·  Top Commenter · Canossa comoro · 159 subscribers:

  • Tunjukan bahwa TL adalah Team Samba Asia.

Gerson Kalohan Bras · Dili:

  • lee berita ida nee fuan dug dag hnsa aban atu funu bot fali...espero Lafaek tolan th Makikit! Bravo Lafaek

Mendez Moniz ·  Top Commenter:

  • bravo Timor Leste 

(Kabar24.com)

*SEMIFINAL PIALA AFF U-19: Indonesia vs Timor Leste, Ini Komentar Saudara Muda

Editor: Eries Adlin

KOMENTAR