Kabar Bola
facebook twitter rss feed Kabar24

KLASEMEN & JADWAL PIALA AFC U-19: Indonesia & Korsel Bersaing

Eries Adlin Rabu, 09/10/2013 11:35 WIB
Antara
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA – Indonesia dan Korsel bersaing di puncak klasemen Piala AFC Grup G dengan nilai tiga. Menurut jadwal pertandingan, Indonesia akan bertemu Korea Selatan pada laga 12 Oktober.

Di klasemen Piala Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) U-19, Indonesia dan Korsel bersaing karena sama mencetak kemenangan dan mengoleksi empat gol ke gawang lawan tanpa balas. Kedua timnas juga berpeluang mendapatkan tambahan tiga angka pada laga 10 Oktober. Menurut jadwal Piala AFC U-19, Indonesia akan menghadapi Filipina, Korsel ditantang Laos.

Dengan demikian, partai ketiga dalam jadwal Piala AFC U-19 antara Indonesia vs Korsel pada 12 Oktober seakan menjadi penentu siapa yang akan menjadi juara grup G—tentu tanpa bermaksud mengecilkan arti tim Filipina dan Laos.

Klasemen sementara di Grup G Piala AFC U-19 sampai dengan 8 Oktober

No. Tim                     Main M S K MG KG Poin

  • Indonesia            1       1  0 0  4      0     3
  • Korsel                  1       1  0 0  4      0     3
  • Filipina                 1       0  0 1  0     4      0
  • Laos                     1       0  0 1  0     4      0

Jadwal pertandingan Piala AFC U-19:

8 Oktober

  • Korsel vs Filipina
  • INDONESIA vs Laos

10 Oktober

  • Laos vs Korsel
  • Filipina vs INDONESIA

12 Oktober

  • Laos vs Filipina
  • Korsel vs INDONESIA

 

Pada pertandingan kemarin, 8 Oktober, Evan Dimas dkk membawa Indonesia membantai Laos 4-0. Evan Dimas memang hanya mencetak satu gol pada menit 90. Namun, dia menjadi kreator tiga gol lainnya bagi Indonesia.

Laos sempat harus bertanding dengan sembilan pemain karena dua punggawa mereka diusir wasit yaitu pada menit 54 dan menit 81. Dengan hasil kalah 0-4, Laos berada di jurang klasemen Grup G Piala AFC U-19 bersama Filipina.

Tiga gol lainnya dari Indonesia disumbangkan oleh Muchlis Hadi Ning dengan dua gol pada menit 10 dan menit 52. Kemudian Paulo O. Sitanggang mencetak gol ketiga pada menit 85. Ketiga tol tersebut merupakan kepiawaian dari Evan Dimas.

Pertandingan baru berjalan sekitar 10 menit, Muchlis Hadi Ning S, mencetak gol dengan kepala sehingga mengubah skor Indonesia vs Laos menjadi 1-0. Gol itu berawal dari tendangan bebas yang dilakukan oleh Evan Dimas Darmono setelah Muchlis dilanggar oleh kiper Laos.

Bola tendangan bebas Evan Dimas mampu dimanfaatkan oleh Muchlis Hadi Ning dengan sundulan sehingga menjadi gol. Skor sementara Indonesia vs Laos di partai perdana Grup G Piala AFC U-19 1-0 bertahan sampai menit 30.

Muchlis berhasil mencetak dua gol yang keduanya yang juga berasal dari umpan Evan Dimas Darmono. Gol tercipta setelah Muchlis lolos dari jebakan offside dan mampu menguasai umpan terobosan Evan Dimas. Dengan tendangan chop, Muchlis berhasil mengangkat bola melewati kiper Laos sehingga skor Indonesia vs Laos 2-0 pada laga perdana mereka di Piala AFC U-19.

Gol ketiga Indonesia yang dicetak oleh Paulo Sitanggang juga merupakan kejelian Evan Dimas. Mendapatkan umpan dari belakang, Evan Dimas melihat Maldini Pali berdiri bebas di sayap kanan. Dengan umpan terobosan, bola diarahkan ke Maldini yang kemudian mengumpan tarik ke Paulo Sitanggang. Dengan sekali gerakan tipuan, kemudian Paolo melepaskan tendangan terarah dari dalam kotak penalti tanpa mampu ditahan kiper Laos. Skor Indonesia vs Laos 3-0.

Akhirnya Evan Dimas menutup dengan satu golnya pada menit 90 melalui tendangan keras ke pojok kanan gawang Laos. Skor Indonesia vs Laos 4-0 bertahan sampai akhir pertandingan.

Pada partai sebelumnya, timnas Korea Selatan meraih poin sempurna setelah mengalahkan Filipina 4-0 pada kualifikasi Piala AFC U-19 Grup G di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa

Kemenangan anak asuh Kim Sang Ho ini telah dipresiksi sejak awal. Apalagi tim dari Negeri Ginseng ini telah mempersiapkan diri dengan baik sebelum turun di turnamen ini. Meski memang, Korea Selatan sempat kesulitan untuk menciptakan gol meski lawan levelnya di bawah mereka. Gol pertama baru tercipta pada menit 27 lewat Pak Inhyeok.

Setelah menciptakan gol, permainan Korsel lebih terbuka. Beberapa peluang untuk menambah kedudukan terus terjadi. Hanya saja Filipina bermain lebih disiplin sehingga menyulitkan lawan. Kondisi ini berlangsung hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua Korsel lebih beringas. Masuknya Hwang Hee Can untuk menggantikan Park Inhyeok membuat pola serangan mambaik. Bahkan pemain dengan nomor punggung 11 ini langsung mampu menciptakan gol pada menit 49.

Dominasi Korea Selatan terus berlangsung. Kembali Hwang Hee Chan menjadi bintang. Pemain dengan posisi gelandang kembali menciptakan gol pada menit 71. Lima menit berselang pemain ini kembali menciptakan gol ketiganya pada pertandingan ini. 

Tertinggal cukup jauh membuat pola permainan Filipina kurang maksimal. Justru mereka dikurung setelah lapangan oleh Korea Selatan. Dan akhirnya kedudukan 4-0 untuk Korea tetap bertahan hingga pertandingan usai. (Kabar24.com)

#KLASEMEN #JADWAL PIALA AFC U-19 #Indonesia Korsel Bersaing

Editor: Eries Adlin

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI.

KOMENTAR