facebook twitter rss feed Kabar24

PIALA AFF 2012: Indonesia vs Laos, Perjuangan 10 Pemain

Eries Adlin Minggu, 25/11/2012 18:09 WIB
Jibiphoto
Timnas Indonesia

Sutan Eries Adlin

Piala AFF 2012, Indonesia vs Laos, perjuangan 10 pemain

 JAKARTA: Indonesia dan Laos bermain imbang 1-1 dengan 10 pemain pada babak pertama karena masing-masing tim mendapatkan satu kartu merah.

Laos lebih dulu unggul lewat Khampheng Sayavutthi pada menit 30 lewat titik penalti yang didapat karena Endra Pras, kiper Indonesia, melakukan pelanggaran keras. Skor 1-0 untuk Laos.

Pelanggaran Endra terjadi pada menit 27 dengan menjatuhkan Khampeng yang lolos dari kawalan bek Indonesia. Kartu merah langsung dikeluarkan oleh wasit. Pelatih Nil Maizar memasukkan kiper cadangan Wahyu Tri untuk menjaga gawang mengganti Okto Maniani.

Laos akhirnya juga harus bermain dengan 10 pemain pada menit 33 setelah Sopha Saysana menerima kartu merah karena melakukan pelanggaran keras terhadap Andik Vermansyah.

Indonesia akhirnya bisa menyamakan kedudukan melalui tandukan Raphael Maitimo  pada menit 43. Gol tercipta bermula dari tendangan penjuru yang dilepaskan Tony Cusell.

Tendangan Cusell semula disambut oleh tandukan Bambang Pamungkas yang kali ini menyandang ban kapten. Bola sundulan Bepe membentur tiang gawang dan memantul lagi ke tengah kotak penalti.

Raphael yang berpostur tinggi memenangkan duel memperebutkan bola muntah itu dan menyundul ke gawang. Bola pun meluncur tanpa bisa ditahan oleh kiper dan pemain belakang Laos. Skor menjadi 1-1 yang bertahan sampai babak pertama berakhir.

Penampilan timnas Indonesia sebenarnya tidak memperlihatkan permainan berkelas. Tidak jelas pola permainan yang akan diterapkan oleh pelatih Nil Maizar. Laos yang kurang diunggulkan justru beberapa kali membahayakan gawang Indonesia.

 

Susunan pemain

INDONESIA: Endra Pras, Handi, Wahyu W, Maitimo, Novan, Okto, Taufiq, Andik, Cusell, Irfan, Bambang.
Cadangan: Nopendi, Fachruddin, Elie, Samsul, Wahyu Tri, Rasyid, Geddy, Fendry, Rachmat

LAOS:
Sengphachan, Ketsada, Khampoumy, Soukaphone, Visay, Phatthana, Vilayout, Sopha, Viengsavanh, Kovanh, Khampheng
Cadangan: Saynakhonevieng, Khamla, Souksamay, Keoviengpheth, Kanlaya, Khonesavanh, Daoneua, Phonepaseuth, Soukthavy

Editor: Eries Adlin

Mau dapat Mobil Daihatsu Ayla? Ikuti Bisnis Indonesia Writing Contest 2014. Klik caranya disini.

KOMENTAR