Kabar Bola
facebook twitter rss feed Kabar24

PRA PIALA ASIA 2013: Nil Maizar Bocorkan Tiga Program Timnas

Andhika Anggoro Kamis, 27/12/2012 10:37 WIB
Kabar24
Nil Maizar/Kabar24/Sisbrianto

Newswire

JAKARTA - Pelatih timnas Nil Maizar mengaku sudah menyiapkan program untuk pemusatan latihan nasional (pelatnas) timnas sepak bola yang dipersiapkan untuk Pra Piala Asia (PPA) 2015.

"Kita akan memaksimalkan waktu yang ada. Untuk itu harus dipersiapkan dengan baik," kata Nil Maizar saat dikonfirmasi dari Jakarta, Rabu.

Menurut dia, ada tiga tahapan yang akan dijalani oleh semua pemain yang menjalani pelatnas. Tahap pertama adalah "conditioning train". Hasil ini dilakukan karena ada pemain baru.

Tahapan kedua adalah taktikal strategi dan tahapan ketiga adalah pematangan tim serta pemilihan komposisi pemain yang akan masuk dalam tim inti.

Meski tahapan program belum berjalan, mantan pelatih klub Semen Padang itu mengaku telah mendapatkan gambaran kerangka tim yang akan diturunkan pada PPA 2015 mendatang.

"Gambaran kerangka tim memang sudah ada," kata Nil Maizar menambahkan.

Untuk pelatnas PPA 2015, Nil Maizar memanggil 43 nama pemain yang berasal dari kompetisi Indonesia Premier League (IPL) dan Indonesia Super League (ISL). Selain itu PSSI juga kembali memanggil pemain naturalisasi.

Dari 43 nama ini tujuh diantaranya adalah pemain dari klub Persipura Jayapura diantaranya Patrich Wanggai, Ian Kabes, Lukas Mandowen, Ricardo Salampessy dan Boaz Salossa

Rencana pemain yang masuk dalam daftar pemainggilan ini akan berkumpul di Jakarta 4 Januari nanti. Selanjutnya akan menjelani tes kesehatan dan tes fisik bersama jajaran medis timnas.

"Jika ada pemain yang kena penyakit, maka akan segera dipulangkan guna menjalani perawatan lebih lanjut," kata dokter timnas, Syarif Alwi.

Indonesia pada Pra Piala Asia 2015 tergabung di Grup C bersama Saudi Arabia, Irak dan China. Pertandingan perdana Timnas Garuda adalah menghadapi tuan rumah Irak, 6 Februari 2013 mendatang. (Antara/ad)

Editor: Andhika Anggoro

KOMENTAR